08/09/12

TPSA Kota Sumedang Sudah Penuh Dibenahi atau Dialokasikan?

Tempat pembuangan akhir sampah kota Sumedang dan sekitarnya yang berada di galudra Desa Cibeureum Sumedang nampak sudah hampir 70 % terisi tumpukan sampah kota sumedang dan sekitar. Tempat Pembuangan Akhir Sampah Cibeureum yang mulai dibangun pada 2005 ini mempunyai luas area 10 ha dan kini sudah terisi sampah lebih dari setengahnya atau sekitar 6,7 Ha. Total timbunan sampahnya mencapai 23.675 meter kubik diukur dari ketebalan tumpukan sampah dan luas area.(1)

Pengelolaan sampah yang diterapkan pada TPA sampah ini adalah control land field yaitu mengubur tanah ke dalam galian yang sudah disiapkan sebelumnya sehingga tanah kembali menjadi rata dan tidak ada tumpukan sampah. Jika sudah rata, maka area ini masih bisa dijadikan tempat buangan sampah.

Tempat pembuangan akhir sampah Cibeureum diperkirakan akan melewati volume ambang batas pada tahun 2015.  Sehingga diperlukan di alokasikan  atau di benahi tempat pembuangan akhir sampah Cibeureum ini. Pemilihan calon lokasi alternatif tempat pembuangan akhir sampah mungkin jadi bahan pertimbangan  sebagai alternatif baru jika lokasi tempat pembuangan akhir sampah akan dipindahkan. Pemilihan lokasi TPA sampah ini harus memenuhi 3 kriteria yaitu penyaringan regional, penyisih dan mencari daerah layak sebagai lokasi TPA yang baru dan sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Sumedang.(die)


Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar