19/08/15

Jalan Ke Arah Terminal Ciakar, Siap Untuk “SUMEDANG TANDANG”

Peduli Tata Ruang Sumedang - Jalur jalan arah Jalan ke arah Terminal Ciakar, Tahun 1950–1980 an kondisi ruas jalan ke Jalan Ke Arah Terminal Ciakar ini masih berupa jalan yang melintasi hamparan sawah dan perladangan. Kemudian dalam waktu tidak lebih dari 10 tahunan (sampai tahun 1990an), di koridor ruas jalan ini sudah mulai tumbuh aneka hunian permukiman.


Bahkan di tahun 2008–2015, koridor ruas jalan ini sudah mulai memadat dan memiliki fungsi kawasan peruntukan lahan kegiatan perkotaan (kegiatan jasa, pertokoan, dan pemerintahan) skala pelayanan wilayah Kota Sumedang dan sekitarnya.

Pada dekade tahun 1950-1960an, ruas jalan ke Jalan Ke arah Terminal Ciakar ini, sepi dan belum sampai mendapati pelayanan penerangan listrik. Namun pada saat tahun antara 1900-an sampai 2015, ruas jalan ini tumbuh dan berkembang sehingga membentuk ruang koridor kawasan permukiman, perkantoran, perdagangan  perkotaan, dan sampai saat sekarang pun ruang koridor ruas jalan ini terus tumbuh dan berkembang pesat  yang memberikan dampak kepada percepatan peralihan fungsi lahan di sekitar koridor jalan Jalan ke arah Terminal Ciakar ini. 

Adanya pembangunan bunderan di dekat Polres Sumedang memberikan dampak Tandangya Kota Sumedang baik ke arah jalan pusat kota, ke arah jalan kampung Toga dan ke arah jalan Terminal Ciakar itu sendiri. Begitu juga adanya pembangunan jalan Cisumdawu pintu keluar masuk Jalan Tol ini berada di Jalan ke arah Terminal Ciakar (desa mekarjaya) akan memberikan daya tarik bagi fasilitas perdagangan skala regional dan lokal.
 
Di jalan kearah terminal ke ciakar sering terjadi kecelakaan lalu lintas terutama dekat pom bensin desa karapyak oleh karenanya perlunya rambu-rambu lalu lintas dan pembatas kecepatan laju kendaraan. Dan di daerah tersebut terdapat beberapa komplek perumahan yaitu perumahan mekarsari, perumahan karyawan RSU dan perumahan lainnya.

Dan memang jalan ke Jalan Ke Arah Terminal Ciakar ini bak siap Tandang melalui pengisian ruang untuk perkotaan dan percepatan peralihan fungsi lahan vs kegiatan awal sebagai daerah pertanian.(Salam Plano)



Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar